Wabah virus Corona yang tidak kunjung berlalu membuat semua umat manusia harus terus waspada dengan meningkatkan imun. Cara meningkatkan imunitas tubuh yang dipilih pun sangat beragam termasuk mengkonsumsi suplemen.

 

Apakah suplemen baik untuk meningkatkan imun tubuh? Masih banyak yang salah kaprah menganggap suplemen dapat menjadi pengganti makanan. Jadi tidak makan asalkan minum suplemen imun tubuh tetap terjaga. Benarkah demikian? Lalu bagaimana cara tingkatkan imun badan yang benar?

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Tanpa Ketergantungan Suplemen

Suplemen bukanlah obat yang mampu mengobati sebuah penyakit yang diderita manusia dan tidak dapat menggantikan makanan secara penuh. Suplemen memiliki salah satu atau lebih kandungan seperti vitamin, asam amino, asam lemak, mineral yang dibutuhkan tubuh manusia [1].

 

Ada begitu banyak produk suplemen yang kini dengan mudah dibeli dan harganya bervariasi. Namun manusia tetap membutuhkan makanan untuk bisa menjaga imun dan suplemen akan bekerja sebagai asupan tambahan saja.

 

Jadi jika cara meningkatkan imunitas tubuh adalah hanya mengkonsumsi suplemen tanpa makan tentu saja salah. Beberapa cara agar imun tetap terjaga dan meningkat yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

 

1. Memperbanyak Konsumsi Buah

Buah adalah jenis makanan yang paling banyak mengandung vitamin serta mineral. Jika mengonsumsi buah secara langsung vitamin murni akan langsung didapatkan. Salah satu jenis buah buahan meningkatkan imun tubuh adalah jambu biji atau guava.

 

Jambu biji merupakan sumber vitamin C yang sangat tinggi bahan mencapai 250 sampai 300 miligram per buah. Berbeda dengan buah jeruk yang mengandung vitamin C sebesar 50 miligram saja [2].

 

2. Memperbanyak Konsumsi Sayur

Selain buah, vitamin untuk imun tubuh juga bisa didapatkan dari sayuran. Apabila sebelumnya masih jarang mengkonsumsi sayur, maka mulailah dari sekarang. Tak hanya itu kandungan beta-karoten dalam sayuran juga diperlukan oleh tubuh.

 

Beta-karoten sendiri merupakan antioksidan yang sangat kuat. Fungsinya adalah mengurangi peradangan serta meningkatkan imun tubuh. Sehingga sel dalam tubuh mampu melawan penyakit yang masuk [3].

 

Baik itu buah dan sayuran menjadi asupan makanan wajib setiap harinya untuk manusia. Jumlah takarannya pun berbeda-beda tergantung usia. Bagi orang dewasa sangat disarankan untuk mengkonsumsi lima jenis sayuran serta dua jenis buah tiap hari.

 

3. Ciptakan Waktu Istirahat yang Cukup

Cara meningkatkan imunitas tubuh selain memastikan asupan makanan tubuh juga membutuhkan istirahat setiap harinya. Istirahat yang dibutuhkan adalah tidur dengan nyenyak. Waktu tidur yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung dengan usia.

 

Bagi orang dewasa waktu tidur sebaiknya 7 hingga 9 jam setiap hari. Sedangkan anak-anak membutuhkan waktu istirahat lebih banyak yaitu 10 sampai 13 jam sehari [4].

 

Banyak sekali manfaat yang didapatkan setelah tidur seperti berat badan tetap terjaga, tubuh menjadi sehat, mendukung pertumbuhan, dan masih banyak lagi.

 

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik dengan Berolahraga

Sudahkah Anda berolahraga hari ini? Cara meningkatkan imunitas tubuh yang selanjutnya adalah dengan aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin. Sangat disarankan setidaknya olahraga 30 menit tiap hari.

 

Banyak sekali jenis olahraga yang murah dilakukan, tidak harus pergi ke gym. Misalnya dengan olahraga jogging di pagi atau sore hari. Jika cuaca hujan, bisa juga senam di rumah di atas matras. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan tubuh tetap lentur.

 

Selain keempat cara tersebut, Anda juga perlu berhenti merokok atau minum alkohol. Karena kedua hal inilah yang jadi penyebab rusaknya sistem imun dalam tubuh. Belum lagi resiko terkena penyakit seperti bronkitis dan infeksi paru sangatlah tinggi.

 

5. Mencukupi Asupan Air Mineral

Cara meningkatkan imunitas tubuh yang terakhir dan paling mudah dilakukan adalah dengan memastikan bahwa asupan air mineral tercukupi. AQUA menjadi produk dengan kandungan air mineral terbaik yang bisa dikonsumsi secara rutin.

 

AQUA memiliki tiga jenis perlindungan yang akan menjamin kebutuhan mineral dalam tubuh terpenuhi. Pertama, AQUA selalu melindungi ekosistem di sekitar sumber air sehingga kualitas air yang dihasilkan tetap terjaga.

 

Kedua, AQUA demi mendapatkan air mineral berkualitas selalu mengambil air yang sudah tersaring pasir serta batuan vulkanis. Inilah rahasia mengapa AQUA mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, kalsium, natrium dan selenium yang dibutuhkan oleh tubuh [5].

 

Ketiga, AQUA terus menjaga proses pengemasan dengan memanfaatkan teknologi terbaik. Dengan begitu semua kandungan mineral di dalam air bisa langsung didapatkan oleh tubuh Anda. Perusahaan yang sudah berdiri 48 tahun lebih di Indonesia ini selalu menjaga ketiga perlindungan ini untuk menjaga kesehatan konsumennya.

 

Rekomendasi kapan saja sebaiknya minum AQUA agar imun tubuh tetap terjaga dimulai dari pagi hari. Usai bangun sebaiknya minum AQUA supaya semua racun dalam tubuh bisa hilang. Minum juga saat sebelum makan untuk melancarkan pencernaan.

 

Minum AQUA sebelum mandi juga baik untuk menjaga suhu tubuh. Ibu hamil dan menyusui juga sangat disarankan untuk minum AQUA. Apalagi saat Anda sakit, minum AQUA akan mempercepat proses penyembuhan.

 

Sangat mudah bukan semua cara meningkatkan imunitas tubuh ini tanpa harus mengkonsumsi suplemen. Cukup dengan mempersiapkan asupan buah dan sayur, AQUA serta menjaga gaya hidup lebih baik mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Sumber:

  1. https://www.alodokter.com/manfaat-konsumsi-suplemen-yang-penting-diketahui
  2. https://www.alodokter.com/guava-si-merah-peningkat-sistem-imun
  3. https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-buah-dan-sayuran-pengaruhi-imunitas-tubuh
  4. https://www.alodokter.com/9-manfaat-istirahat-dan-tidur-yang-cukup
  5. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-mineral-yang-baik-untuk-tubuh/